Tugas 3

EL5102 Arsitektur Komputer Lanjut
Tugas 3
Nama : Hasbi Ash Shiddieqy
Nim : 23216066

1. Bab problem 2.15


2. Interest di architecture computer

Perkembangan architecture computer akan menuju ke arah distributed computing. Dimana banyak computer bekerjasama untuk menyeleseikan beberapa task. Contoh aplikasi saat ini adalah blockchain (data distributed), torrent (data shared).
Untuk meningkatkan kecepatan komputasi berbagai architecture dikembangkan tapi kesulitan dan nilai ekonomis untuk single architecture sendiri terbatas. Distributed computing sendiri mengabungkan beberapa computer untuk bekerja sama untuk menghasilkan performa yang hampir sama dengan architecture super computer.

3. Mark Zuckerberg vs Tesla bos Elon Must
Pro dan kontra AI
Mark Zuckerberg optimis sedangkan Elon musk ketakutan dan menyatakan bahwa "CEO of Facebook doesnt understand the technology" sedangkan Musk sendiri berpendapat AI adalah resiko untuk eksitensi peradaban manusia.
Saya sendiri setuju dengan pernyataan Elon musk arah perkembangan AI saat ini sangat pesat yang mampu lebih baik dibanding untuk menganalisis suatu problem dibanding manusia. hal ini dapat menyebabkan kehilangan pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh machine. ada bagian dari AI yang bisa diimplementasikan dalam dunia nyata dan sebagian lagi cukup untuk skala riset saja.

4. Teknik belajar disiplin vs autodidak

saya setuju dengan teknik belajar disiplin. Cara kerja otak manusia harus menyimpan informasi haruslah tersusun untuk membentuk kemampuan analisis. Untuk hal-hal konsep dasar haruslah dipelajari sesuai dengan silabus dan tahap-tahapnya. Process belajar dari yang terkecil hingga ke tingkat kompleksitas sendiri. Berbeda dengan teknik untuk mendapatkan skill bisa dengan autodidak dengan adanya challenge(masalah) akan meningkatkan kemampuan untuk skill dan key principles. Key principle sendiri haruslah dipelajari dengan etika/process terurut.
Orang yang belajar secara autodidak biasanya multidisiplin dan hanya menguasai sebagian dari yang ditekuninya, tidak secara keseluruhan.

5. Opini tentang blockchain

Perkembangan untuk semua system yang terdistribusi /not centralize. Misal untuk aplikasi system pembelian kelistrikan yang terdistribusi. Terutama yang tidak melibatkan pihak ketiga atau transaksi langsung antar konsumen.
Perkembangan jika dilihat dari architecture computer sendiri adalah pengembangan miner yang memiliki kompeksitas algoritma dan security tinggi namun ekonomis dan easy to use.

No comments:

Post a Comment