Pengaman Optocoupler untuk Mikrokontroler.


Dalam pembuatan interfacing pada mikrokontroler dibutuhkan rangkain pengaman, jenis-jenis rangkaian pengaman banyak. mulai dari ic buffer, h-bridge, relay, rangkaian zener, dan optocoupler. 
masing-masing ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Saya menggunakan icoptocoupler ini untuk pengamanan input dan output raspberry pi yang baru dibeli beberapa hari lalu di http://www.famosastudio.com/ GPIO raspberry pi sangat sensitif dan tidak memiliki pengaman. jadi jika ada kesalahan wiring (salah sambung kabel) bisa mengakibatkan short circuit dan merusak raspberry pi nya.

Dari beberapa jenis pengaman diatas dipilih optocoupler karena mudah (karena IC) dan bisa mendrive input/ output hingga 12V bahkan lebih karena catudaya yang terpisah antara raspberry pi dan IO nya.
responnya juga lebih cepat dan mampu mendrive PWM meskipun hanya ada 1 PWM di raspberry pi.

Saat ini saya mencoba dengan IC dengan 4 DIP jadi perlu resistor untuk membatasi arus yang melewati IC optocoupler. rangkaiannya seperti dibawah
IC optocoupler dengan 2 kaki
Rangkaian interfacing optocoupler output

Bagian kiri ke mikro (saklar) bagian kanan untuk IO. untuk resistor bisa dihitung sendiri dengan rumus V=IR (elektronika dasar) misal nilai Vout=5 volt, I = 50 ma (untuk raspberry) R=5V/50ma=100 ohm. untuk output bisa dihitung sendiri ya.

contoh datasheet ic optocopler DIP 6 pin
http://www.vishay.com/docs/83725/4n25.pdf

No comments:

Post a Comment