Konsep Dasar Antena Antena

Antena merupakan rangkaian resonansi yang istimewa. Pada rangkaian resonansi biasa, ukuran kondensator dan kumparan jauh lebih kecil dari panjang gelombang resonansi. Hal ini membuat medan listrik dan magnetik tetap tinggal di dalam rangkaian. Energi medan tersebut diubah menjadi sinyal dan sebagian menjadi kalor (panas).
Apabila ketebalan kumparan dan besar kondensator sebanding dengan panjang gelombang resonansi, maka
sebagian besar energi akan dikeluarkan sebagai gelombang elektromagnetik. Ini adalah prinsip pemancar. Kekuatan medan elektromagnetik yang dipancarkan tergantung luas medan pancar, besar arus dan tegangan dan tegangan listrik di dalamnya.
Tujuan utama antena untuk membuat arus listrik yang berfrekuensi tinggi, sesuai dengan jumlah energi yang tersedia. Dengan menghasilkan frekuensi tinggi antena berfungsi sebagai transformator antara saluran transmisi dengan gelombang ruang bebas. Pada radar atau sistem komunikasi satelit sering dijumpai sebuah antena yang melakukan kedua fungsi (peradiasi dan penerima) sekaligus.
Ada dua tipe dasar dari antena berdasarkan pola radiasinya yaitu omni-directional (ke segala arah) dan directional (ke satu arah).
Parameter penting dalam antena yang penting untuk suatu aplikasi, yaitu reesonansi frekuensi, pola radiasi, gain dan polarisasi. parameter ini umumnya sama pada sebuah antena, baik ketika antena tersebut menjadi peradiasi (pemancar) atau menjadi penerima, untuk suatu frekuensi,polarisasi dan bidang irisan tertentu.
Parameter penting dalam antena
1.Resonansi frekuensi
resonansi frekuensi berkaitan dengan panjang kumparan sebuah antena. Panjang kumparan berpengaruh dalam faktor kecepatan (perbandingn dari kecepatan dalam kumparan dengan kecepatan cahaya).
2.Pola radiasi
Pola radiasi antena adalah plot 3-dimensi distribusi sinyal yang dipancarkan atau diterima oleh sebuah antenna
3.Gain
Gain (directive gain) adalah karakter antena yang terkait dengan kemampuan antenna mengarahkan radiasi sinyalnya, atau penerimaan sinyal dari arah tertentu.
4.Polarisasi
Arah rambat dari medan elektromagnet yang dibentuk oleh antenna

1 comment: